Cara setting Android agar Hemat Baterai

By | November 10, 2021

 Cara setting Android agar Hemat Baterai

Cara setting Android agar Hemat Baterai – Percayakah kalian? Android adalah smartphone paling boros dalam penerapan baterai. Tapi bagaimanapun, ketahanan baterai sangat tergantung bagaimana kita menerapkan smarthphone hal yang demikian.

Berikut akan saya sajikan 20 Trik menghemat baterai Android, tolong share ya! Percayakah kalian? Android adalah ponsel paling boros dalam pengaplikasian baterai. Melainkan bagaimanapun, ketahanan baterai benar-benar tergantung bagaimana kita menerapkan smarthphone tersebut. Berikut akan aku berikan tips untuk agar baterai sedikit lebih tahan lama.

1. Tutup segala aplikasi yang tak diaplikasikan dengan back key.

aplikasi yang tidak diaplikasikan hanya akan membuat baterai boros kalo perlu uninstall aja aplikasi yang tak berguna

2. Matikan auto sync yang ada di dalam setting Android

Bila push e-mail tidak diperlukan, matikan fitur auto sync dan lakukan sinkronisasi manual saat dibutuhkan. Caranya, buka Setting > Wireless & Networks > Mobile Networks, lalu hilangkan cek pada “Data Traffic”.

3. Nonaktifkan Bluetooth

Smatphone akan beroperasi lebih keras untuk mencari sinyal bluetooth lain sekiranya kita berkeinginan menntransfer data melalui bluetooth

4. Nonaktifkan WiFi ketika tidak dipakai

Wifi akan banyak menguras baterai smartphone android karena androidmu akan berupaya untuk mencari sinyal wifi dan menjaga agar tetap terhubung dengan wifi.

5. Matikan widget yang tak dibutuhkan

Dari sisi tampilan, layar Android bisa dibuat se-menarik mungkin. Apalagi dengan banyaknya opsi widget. Matikan widget yang tidak diperlukan untuk menghemat baterai Android. Caranya, buka Settings > Sound & Display, lalu hilangkan cek pada Orientation, dan set Animation jadi “No Animations”. Jangan lupa untuk mempercepat waktu screen timeout dan tingkat pencahayaan layar smartphone.

6. Kurangi kecerahan pada display .

Sebisa mungkin pakai kecerahan rendah pada saat tidak memerlukan layar yang terlalu terang. Caranya, buka Setting> Display> Brightness> Turunkan , tetapi jangan terlalu rendah karena akan menggangu kesahatan mata kalian

7. Download dan install aplikasi Juice Defender dari Play Store

Aplikasi ini menyediakan beragam opsi setting, mulai dari normal, aggressive, sampai extreme!!!!, untuk menghemat daya baterai android.

8. Pakai GPS seperlunya

Pakai Global Positioning Systema atau yang lebih populer disebut GPS seperlunya, sebab fitur unggulan ini cukup banyak ini menyedot energy. Oleh sebab itu, akan lebih baik sekiranya fitur ini di aktifkan pada ketika anda memerlukannya ( ketika bepergian keluar kota dan lain-lain)

9. Jangan pake walpaper animasi

Hindari pemakaian wallpaper dengan animasi 3D karena untuk menggerakkan kartun tersebut memerlukan 2 kali tenaga baterai. Saya sarankan gunakan wallpaper satis saja atau foto anda atau kalo perlu pake walpaper warna hitam.

10. Nonaktifkan update otomatis

nonaktifkan update otomatis jejaring sosial seperti Facebook, e-mail atau sejenisnya. Namun, perlu anda ketahui bahwa cara kerja update seperti ini justru akan otomatis tersambung ke jaringan dunia online dan membutuhkan akses sinyal yang baik, maka hal inilah yang membutuhkan tambahan energy baterai yang cukup besar.

11. Pilih Screen Timeout yang paling ideal

Jika 15 detik terlalu cepat tapi 1 menit juga terlalu lama untuk membiarkan layar menyala, maka solusinya pilihlah 30 detik aja

12. Nge-caslah yang benar

Lakukan prosedur pengisian ulang energy baterai dengan benar. Selagi mengisi baterai jangan sambil bermain.

13. Hilangkan Autorotate

Autorotate hanya akan membuat layar boros baterai, sebab sepatutnya bolak-balik. Kasihan yaa

14. Matikan services yang berjalan di background

Meski kita tak membuka sebuah aplikasi dan menutupnya kembali, kadang masih ada services dari aplikasi tersebut yang masih berjalan dengan tak nampak. Maka itu membuat daya baterai menjadi kencang habis, karena sebuah services sekecil apa pun membutuhkan konsumsi tenaga dari baterai. Tidak matikan services-services yang tidak diperlukan. caranya buka settings > applications > running services tap untuk mematikan services.

15. Mode roaming Nix

Kalau segala orang tinggal di tempat yang mempunyai coverage perfect. Apabila Anda tak jarang bepergian ke tempat yang sinyalnya lemah, kadang-kadang Android Anda akan menuju mode roaming, yang memakai tenaga yang lebih. Jika Anda dapat hidup tanpa email dan update jejaring sosial sementara, non aktifkan fitur di bawah Settings > Wireless Networks > Mobile Networks. Kemudian hapus centang Data Roaming.

16. Menonaktifkan atau mengubah frekuensi auto sinkron

Aplikasi untuk update di situs, seperti e-mail, jejaring sosial, cuaca dan info akan membikin baterai cepat habis. Pengguna bisa mematikan auto sinkron dan memilih untuk update secara manual: Settings > Accounts & Sync. Hapus pertanda centang Background Data untuk menonaktifkan data Google yang otomatis dan hapus centang Auto Sync untuk semua aplikasi lainnya.Apabila ini terlalu berlebihan, cobalah menurunkan frekuensi sinkronisasi dari akun pribadi dan aplikasi.

17. Matikan haptic feedback

Haptic feedback kadang-kadang betul-betul bermanfaat dan menyenangkan, tapi dapat mengurangi daya baterai Android, terlebih bila Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengetik. Kalau Anda tidak membutuhkan fitur ini, matikan getaran untuk keyboard pada layar saja atau semuanya.Untuk mematikan getaran keyboard , lihat di bawah Language & Keyboard di menu Main Settings, dan hapus centang pada Vibrate on Keypress, Vibrate When Typing atau pilihan-pilihan yang serupa. Untuk mematikan haptic sama sekali, di bawah Settings > Sound (atau Sound & Display) > Haptic Feedback.

18. Menghapus Widget

Widget memberikan jalan masuk kencang ke player control, informasi status baterai telepon Anda, cuaca atau waktu. Gunakan beberapa widget memerlukan kekuatan yang besar dibanding yang lain, terutama bila tersambung dari web. Gunakan aplikasi battery monitor untuk memandang widget mana yang mengaplikasikan tenaga paling besar di telepon Anda dan menghapusnya. Untuk menghapus widget, tekan ke bawah sampai mincul bin di bagian bawah layar kemudian drag dan drop.

19. Rehatkan dulu androidmu

Kalau baterai android kalian sudah panas, oleh karena hentikan nge-android. Oleh karena android juga sama seperti manusia juga butuh istirahat.

20. Jangan membunyikan musik keras – keras

Suara dan musik yang keras akan menguras baterai android dengan cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *